Gimana Caranya Traveling Bareng Bayi, Sendirian?

December 11, 2018

Sebuah pertanyaan yang enggak bisa saya jawab, sebelum mengalaminya. Beneran, enggak ada bayangan sama sekali karena dari awal rencana jalan-jalan ini bareng suami. Tapi karena dia ada tugas mendadaque, jadi saya harus berjuang sendirian hahahaha! *lebay

Perjalanan ini sebenarnya hanya Jakarta - Bandung, naik kereta pula. Tapi ya kembali lagi, bawa bayi umur 5 bulan yang enggak bisa sesimpel pergi sendirian. Kalau kalian di sini ingin jalan-jalan sendirian sama bayi, mungkin tips ini bisa membantu. Semoga, ya.

1. Siapkan jiwa yang tenang, pikiran positif, dan berdiskusi sama suami

Ini bukan bohong, ini serius. Sejak awal, saya dan suami sudah merencanakan pulang ke Bandung naik kereta dan tiket sudah dipesan. Suatu ketika keadaan berubah dan membuat saya harus pergi sendiri. Hehe. Kaget gitu.

Tapi setelah saya mencerna ulang dan berpikir jernih, sepertinya ini bukan sesuatu yang buruk. Saya dan suami mulai memetakan apa saja yang harus dibawa dan seperti apa penyelesaiannya bila si kecil rewel.

2. Bawa tas sesimpel mungkin

Harus diakui, setelah punya anak, barang bawaan enggak bisa sesedikit dulu. Pulang ke Bandung modal tote bag doang udah cukup. Enggak perlu bawa baju ganti, toh ini judulnya pulang. Tapi ketika punya anak, bawaannya udah kayak mau kabur.

HAHAHAHAHA lebay.

Untungnya saya punya kesukaan yang cukup menolong, berkemas. Jadi sebelum berangkat, saya mulai berpikir apa saja yang harus dibawa dan penting. Selain itu, pikirkan juga jenis tas yang dibawa. Kalau saya milih pakai ransel dan satu tote bag biar gampang dibawa-bawa.

Untuk isi ransel, isinya dibagi dua, buat saya dan Riang. Kalau perlengkapan saya: 

- 1 baju saya sendiri. Kenapa cuma satu? Karena ini pulang ke rumah jadi saya gak perlu bawa baju banyak-banyak
- Sepasang pakaian dalam
- Laptop, buat jaga-jaga siapa tau bisa kerja (walau itu sering hanya angan~)
- Pompa ASI dan botolnya, ini juga jaga-jaga siapa tau bisa pergi sedetik dan nitip Riang ke neneknya jadi tetep bisa disusui
- Pouch isi perlengkapan lenong (yang sebenernya udah jarang dipakai~)

Sedangkan perlengkapan Riang:
- 2 pasang baju panjang dan pendek
- Pouch isi skincare Riang. Kayak lotion, minyak-minyak, krim dokter dan salep buat jaga-jaga gatelnya kambuh


Kalau isi tote bag yang ditenteng, ini biar gampang ngambil barang-barang yang sekiranya dibutuhin pas di jalan. Misalnya:

- Popok.
Kenapa enggak masuk ke dalam ransel? Biar kalau dia perlu ganti popok, saya gak usah kayak donal bebek balik kemping yang ngebongkar isi tas yang susah buat ditutup lagi. Saya cuma bawa popok 5, kalau kurang tinggal beli~ daripada ribet-ribet bawa sendiri.

- Tisu kering dan kapas bulat.
Ini karena Riang enggak bisa cebok pakai tisu basah, jadi saya bawa kapas bulat yang dimasukin ke dalam wadah, semacam taperwer tapi bukan, yang udah diisi air. Jadi kalau butuh, tinggal dipakai.

- Mainan Riang
Ini wajib banget biar dia enggak rewel. Walaupun setelah 2 kali perjalanan dia cukup kondusif, tapi mainan tetep kudu dibawa. Mainannya yang kecil-kecil aja sih, kayak teether, kerincingan, dan tidak lupa, plastik kresek~

- Selimut dan jaket
Untuk selimut, saya pakai kain bedong jaman dia baru lahir. Ini cukup membantu biar lebih praktis dan bayi tetap hangat.

- Botol minum
Ini sih buat saya biar enggak haus-haus banget pas di jalan.

3. Pakai baju khusus menyusui

Enggak mungkin pakai kaos yang gak ada bukaan samping kalau lagi menyusui gini. Untung sekarang banyak banget baju yang busui friendly, jadi gampang nyusuin anak kapan dan dimana aja.

Awal-awal saya cuma bisa pakai kemeja karena menurut saya, kaos bukaan samping ribet banget. Tapi lama-lama bisa dan enak dipakai. Jadinya enggak butuh apron menyusui.

4. Pakai gendongan yang nyaman

Apa liat-liat? Kata Riang

Berhubung saya enggak suka pakai stroller karena ribet (ditambah emang enggak punya juga sih HAHA), jadi gendongan yang nyaman adalah kunci. Saya pakai baby wrap biar lebih gampang pas bawa tas dan anak lebih anteng karena hangat dan kayak didekap sama ibunya.

Awalnya emang agak ribet pakai gendongan ini, tapi lama-lama bisa sendiri. Kuncinya, jangan dilepas lilitannya meskipun bayi lagi dipangku atau keluar dari gendongan. Ini karena makenya emang agak susah, tapi ya balik lagi, lama-lama bisa sendiri, karena keadaan~


5. Pilih kursi dekat jendela

Bukan cuma bayi yang seneng liat pemandangan, orang dewasa juga, kan? Pemilihan kursi penting banget biar anak pas lagi rewel-rewelnya, bisa teralihkan dengan pemandangan di balik jendela. Ajak ngobrol aja apa yang dilihat. Sawah, mobil, awan, warung, tiang listrik, apa aja yang penting anak gak rewel.

Setelah menjalani 2 kali perjalanan pulang pergi Bandung-Jakarta sendirian, ternyata enggak seserem yang dibayangin. Emang kita sebagai ibu harus santai sih, biar anak enggak ikut rungsing. Walaupun pasti tetep deg-degan, riweuh, dan pegal-pegal~

Oiya, sesampainya di tujuan, baiknya bayi langsung dipijat, ya. Biar badannya lebih enak dan enggak sakit. Pengalamanku, Riang pasti enggak enak badan tiap pulang ke Bandung. Kayaknya emang kecapean.

Selamat jalan-jalan!


Jakarta, 11 Desember 2018
Kerjaan belum beres malah bikin ginian~




You Might Also Like

0 komentar

Friends

Popular Posts

Part of