Wednesday, January 5, 2011

sejarah munculnya radio

Sangat penting untuk mulai dengan apa yang selalu dinamakan BBC ‘siaran suara (sound broadcasting)’. Lembaga-lembaga yang sama telah menimbulkan era brodacasting telah bertanggung-jawab dalam menimbulkan era televisi. Dan setiap lembaga memiliki sejarah sendiri. Mereka lebih banyak merupakan lembaga organisasi. Di Amerika Serikat, NBC, dan CBS menganggap dirinya seperti itu, dan di Inggris, BBC secara universal dianggap seperti itu. Tidak lama kemudian BBC dibandingkan dengan Gereja Inggris yang dikepalai Uskup Agung Canterbury. Tahun 1940, R. S. Lambret, seorang mantan editor dari majalah BBC, the listener, pindah kesebuah lembaga yang berbeda. Maka, BBC telah melaksanakannya memalui patronase ‘semua kekuatan yang sebelumnya dilaksanakan oleh pengadilan’. Salah seorang reporter besar perang, dan yang sama terkenalnya di kedia sisi Atlantik, Ed Murrow (1908-1965), hampir menjadi lembaga tersendiri, yang diakui demikian karena siaran-siarannya dari London ketika Pertempuran Inggris. MacLeish telah membuka suatu bab baru dalam radio Amerika dengan sebuah sandiwara The fall of the City, yang disiarkan tahun 1937, dengan Orson Welles bertugas sebagai penyiar radio.
Memberitakan dengan radio, untuk pertama kalinya memiliki keuntngan yang jelas dibandingkan dengan surat-kabar, sebuah keuntungan yang agak tidak disenangi di Amerika Serikat, namun sangat dihargai di Inggris. Sebelum perang, BBC terbatas dalam pengoperasian beritanya, terutama sekali waktu dan kandungannya, oleh pers dan kantor-kantor berita. Radio juga menjadi tuan rumah bagi banyak penyiar eropa terkemuka sebagai ‘suara kemerdekaan’ dan terus menyiarkan pada puncak perang dengan menggunakan 45 bahasa, termasuk Tamil, Tahi, dan Jepang. Di dalam negeri, radio bertanggung jawab untuk mempertahankan semangat, diantara rentangan acara hiburan yang disiarkannya. Radio kabel disenangi, karena dapat dikendalikan dan pesawat radio rakyat, yang telah di produksi pada akhir tahun 1930-an, menjauhkan radio dari negara-negara lain. Di Amerika Serikat, di mana pers itu pada umumnya bermusuhan dengan Roosevelt (1882-1945), maka Presiden itu mengguanakan mikrofon dalam bentuk yang sangat berbeda dalam ‘obrolannya didekat perapian’. Radio digunakannya bukan untuk ini saja, delapan obrolannya hanya 8 persen saja dari pidato-pidato radionya antara tahun 1933-1936, salah satu daripadanya pada suatu hari libur diperdengarkan pada 64 persen dari radio Amerika.
Pada permulaan perang, karena mematuhi pemerintah, BBC hanya menyiarkan satu acara tunggal saja, namun mulai bukan Januari 1940, ia meluncurkan suatu program angkatan bersenjata sebagai alternatif siaran dalam negeri. Karena ia menyiarkan ke seluruh dunia, maka hal ini seluruhnya mengubah keseimbangan acara BBC sebelum perang, dan setelah perang selesai Juli 1945, BBC menjadi apa yang dinamakan ‘Program ringan [Light Programme]’. Inilah salah satu dari tiga buah acara untuk para pendengar dalam negeri, dimana yang ketiga itu adalah suatu acara budaya, mungkin lebih bergengsi di luar negeri ketimbang di Inggris sendiri.
Pengertian ‘mengatur’ BBC akan ditafsirkan secara berbeda di masa depan, baik di waktu perang dan damai, oleh berbagai dewan pimpinan dan oleh masing-masing gubernur, namun filsafat pertanggung-jawaban sosial Reith tetap hidup di Rumah Siaran itu lama setelah ia meninggalkan BBC tahun 1938. Ketika ia masuk dunia broadcasting, tidak ada ‘perintah pertutup yang akan dibuka’ sangats edikit yang mengerti apa artinya. Dalam bulan Agustus 1922.
Jangkauan radio memang terbatas, umumnya oleh kelas, namun betapapun terbatasnya, hal-hal yang lucu dapat dinikmati.

No comments:

Post a Comment