Murah Meriah Jakarta - Bandung Cuma Rp12 ribu!

January 08, 2016

Moda transportasi kereta api menjadi pilihan bagi Anda yang ingin bebas macet saat berpergian. Apalagi di musim liburan seperti sekarang. Bahkan, kemacetan hebat terjadi di ruas tol dalam kota sampai Cikampek beberapa hari lalu. Jakarta - Bandung yang biasa ditempuh hanya 2-3 jam, saat libur Natal dan Tahun Baru kemarin bisa mencapai 12 jam.

Nah, bagi Anda yang sudah merencanakan liburan ke Bandung, tentu ingin bebas macet dan kantong tidak jebol. Sudah pernah mencoba cara murah meriah dengan mengeluarkan ongkos Rp12 ribu?

Caranya dengan melakukan dua kali perjalanan menaiki kereta lokal rute Jakarta Kota - Purwakarta, lalu dilanjut Purwakarta - Bandung. Saya mencoba cara unik ini pada Jumat, 25 Desember 2015 lalu.

Dari Stasiun Jakarta Kota menuju Purwakarta, ada dua kali perjalanan. pertama jam 10.15 kedua 12.45. Untuk dilanjutkan ke Bandung, diharuskan memilih jam pertama karena kereta dari Purwakarta menuju Bandung berangkat pukul 13.40.

Tiket bisa langsung dibeli pada loket Stasiun Jakarta Kota dekat pintu utama. Loket baru dibuka 1 jam sebelum keberangkatan. Ongkosnya, cukup Rp6 ribu.

Sambil menunggu kereta datang, Anda bisa melihat arsitektur stasiun Beos, nama lain Kota, yang bergaya Eropa. Suasana stasiun saat itu cukup ramai, didominasi oleh orang-orang yang ingin berlibur bersama keluarga dan orang terdekat.


Setelah kereta datang, penumpang yang sudah menunggu dipersilahkan untuk memasuki gerbong. Meski pada tiket tertulis nomor kursi, tetapi sebenarnya penumpang bebas duduk dimana pun, tidak harus sesuai nomor kursi.

Suasana kereta saat itu cukup penuh, ini karena bertepatan dengan hari libur nasional. Jangan khawatir soal udara, setiap gerbong sudah dilengkapi dengan pendingin udara.

Perjalanan dari Kota menuju Purwakarta ditempuh sekitar 2 jam 30 menit. Setelah sampai di Purwakarta, segera membeli tiket lanjutan menuju Bandung dengan relasi kereta Purwakarta - Cibatu yang berangkat pukul 13.40. Harganya masih sama, hanya Rp6 ribu,

Untuk sampai di Bandung, Anda bisa turun di antara dua stasiun, Kiaracondong pada pukul 17,12 atau Bandung pukul 16.30. Jadi, waktu tempuh perjalanan Anda dari Jakarta menuju Bandung sekitar 7 jam. Meski lama, namun cara ini cocok untuk Anda yang senang berpetualang.

Cara yang sama juga bisa digunakan bila dari Bandung menuju Jakarta. Anda bisa berangkat dengan kereta relasi Cibatu - Purwakarta dari stasiun Bandung pukul 08.25 atau Kiaracondong pukul 07.40. 

Diperkirakan sampai di purwakarta pukul 12.06. Setelah itu Anda bisa langsung beli tiket menuju Jakarta yang dijadwalkan berangkat dari purwakarta - jakarta 14.00. Anda bisa turun di stasiun Pasar Senen atau Kota.

Hal yang harus diperhatikan adalah perjalanan ini bisa berlangsung bila kereta tidak mengalami keterlambatan.

Bagaimana? Masih ada cara murah meriah untuk pergi ke Bandung, kan?




You Might Also Like

0 komentar

Teman-teman

Popular Posts

Part of