Mengenal Cerita Si Pitung dari 3 Versi

January 08, 2016

Siapa tidak kenal tokoh Si Pitung? Ia adalah orang betawi asli yang pintar mengaji dan bela diri. Menurut sejarah, tokoh yang bernama asli Solihun ini berasal dari Rawa Belong dan jago silat cingkrik.

Pada jaman penjajahan Belanda sekitar tahun 1890, Pitung ramai dibicarakan karena sering menjarah harta orang kaya dan membagikannya pada fakir miskin. Namun versi orang pribumi, Pitung adalah pahlawan. Mana yang benar?

Menurut Moch. Ridwan warga asli Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, ada 3 versi cerita tentang Si Pitung yang beredar di masyarakat sekitar. Yakni versi orang Belanda, Cina dan Indonesia.
Rumah panggung di Marunda, Jakarta Utara, yang menjadi perlambang tempat tinggal Si Pitung

"Kalau versi kita orang pribumi, Si Pitung ini Robin Hood-nya Indonesia. ngerampok tuan tanah dan orang kaya, lalu dibagikan ke fakir miskin," cerita Ridwan

Menurut orang Cina, lanjut Ridwan, Pitung adalah pahlawan orang Cina karena dulu terjadi pemberontakan etnis tionghoa di kali yang sekarang menjadi kawasan Angke.

"Sebagian masyarakat Cina itu diselamatkan sama Pitung. ada yang dibawa ke depok, kota dan bekasi. karena pitung wilayahnya luas," tambah Ridwan.

Lain lagi dengan versi Belanda. Mereka menganggap sudah jelas kalau Pitung adalah orang jahat yang harus ditangkap dan dihukum mati, karena mengganggu stabilitas keamanan. Konon, ada bukti yang mengatakan muncul surat kabar Hindia Belanda, Pitung ditembak mati oleh Snoop Heiner, itu benar adanya.

"Dia polisi yang fokus ke kejadian pitung pada saat itu. sampai ditembak mati dan jenazahnya dibawa ke penjaringan, dikubur tanpa nisan supaya gak banyak yang tau karena penjahat besar," jelas Ridwan.

You Might Also Like

0 komentar

Teman-teman

Popular Posts

Part of