Liburan Murah Saat Dolar 'Munggah'

September 20, 2015


Liburan! Siapa yang tidak senang dengan kalimat itu? Melakukan perjalanan, menemukan hal baru, memanjakan diri dan 'menghilang' sejenak dari aktivitas padat sehari-hari. Ya, saat ini traveling sudah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat Indonesia.

Peningkatan kebutuhan seseorang untuk berpergian itu terlihat dari survei yang dilakukan Global Travel Intentions Study (GTIS) 2015 oleh VISA Worldwide Indonesia. Berdasarkan survei yang dilakukan pada Januari - Februari 2015, dalam dua tahun, orang Indonesia pergi ke luar negeri rata-rata berniat mengambil 5 kali perjalanan, untuk dua tahun ke depan .

"5 kali perjalanan ini leisure, bisnis, other purpose. Di Indonesia  mereka lebih berniat mengambil perjalanan bisnis 2 kali," kata Harianto Gunawan, Direktur VISA Worldwide Indonesia saat ditemui VIVA.co.id beberapa hari lalu.

Meski begitu, kondisi nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika kini sedang melemah. Pada 10 September 2015, kurs rupiah terhadap dolar Amerika mencapai Rp14.345.

Berpengaruhkah angka tersebut terhadap minat masyarakat Indonesia untuk berlibur ke luar negeri?

Marischka Prudence, Travel Blogger yang sudah menjelajahi banyak negara dan daerah Indonesia mengatakan bahwa berpengaruh itu pasti. Menurutnya, bagaimanapun budget untuk traveling ke luar negeri terutama yang mata uangnya dolar akan sangat terasa.

"Untuk destinasi negara yang tidak menggunakan dolar us juga akan tetap berpengaruh karena banyak hal yang berkaitan dengan travel industri perhitungannya dalam dolar, seperti harga tiket pesawat, paket tour, dan lainnya," jelas Marishcka pada VIVA.co.id

Namun, lanjut Marischka, bila dibilang berpengaruh hingga pada keputusan pergi ke luar negeri, sepertinya tidak terlalu signifikan. Menurutnya, ini karena pasar untuk traveling keluar negeri itu sebagian besar memang utk kalangan menengah ke atas yang memang sudah punya budget extra untuk traveling.

"Saya lihat di travel fair juga animonya masih tinggi sekali, teman-teman yang traveling ke luar masih tetap banyak," tambahnya.

Kondisi tersebut diamini oleh beberapa agen perjalanan, seperti Panorama Tour. Nanto, Travel Consultan dari Panorama Tour mengatakan bahwa wisatawan lokal yang berlibur ke luar negeri memakai jasanya tidak terlalu berkurang banyak.

"Enggak ngaruh banyak sih. Paling berkurang secara intensitas keberangkatan aja cuman semua destinasi keisi," katanya.

Soal harga tiket, ia mengaku naiknya kurs dolar Amerika terhadap rupiah cukup berpengaruh terhadap harga tiket penerbangan. Pihaknya memiliki sistem deposit untuk pembayaran.

"Kalau promo khusus gitu enggak ada. Kita tiket tergantung harga kurs. Jadi ada sistem deposit dan pelunasan. Misalnya pas awal ada sepostit 4 juta, ketika kurs sekian harga saat pelunasannya mengikuti kurs," jelas Nanto.

Pergeseran Destinasi
Saat harga dolar sedang tinggi, tren destinasi wisata luar negeri bergeser ke dalam negeri. Hal itu diungkapkan Gaery Undarsa, Managing Director Tiket.com, sebuah aplikasi pemesanan tiket. Ia mengatakan bahwa secara jumlah tiket tetap tinggi. Namun destinasinya yang bergeser.

"Sekarang justru destinasi domestik yang jadi primadona. Bahkan kenaikannya sampai 2 kali lipat," kata Gaery saat ditemui VIVA.co.id.

Untuk dari segi tujuan destinasi wisata, Bali dan Yogyakarta masih jadi tujuan favorit para wisatawan lokal.

"Bali justru jadi ramai. Sebelumnya ada pilihan mau ke Jepang atau kemana. Selain Bali ada Yogyakarta," tambahnya.

Hal itu juga diamati oleh Marischka Prudence, ia melihat tren berlibur kini berpindah ke dalam negeri.

"teman-teman yang traveling ke luar masih tetap banyak, namun ada sebagian yang jadi shifting mengubah destinasi menjadi dalam negri, sisi positifnya destinasi domestik jadi lebih naik lagi walaupun dari segi jumlah yang berpindah keputusan dari destinasi luar menjadi domestik tidak terlalu signifikan sepertinya," katanya.

Tips jalan-jalan ke luar negeri dari Marischka Prudence:

1. Seusaikan budget
Pertama tetap sesuaikan dengan budget, jangan karena dolar naik terus kita jadi ngutang untuk menutup itu, lebih baik menyesuaikan destinasi, jadi dibandingkan dengan destinasi yang menggunakan US dollar.

2. Negara Asia
Bisa mencoba negara-negara asia, masih banyak negara yang biaya hidupnya mirip-mirip dengan Indonesia sehingga budget daily seperti makan dan transport tidak terlalu bengkak

3. Transportasi
Hal lain tentu saja perencanaan, seperti tiket pesawat, walaupun dolar naik tapi maskapai selalu punya waktu promo tiket pesawat, saat itu kita beli jadi menekan budget.

Destinasi negara luar negeri yang cocok saat dolar naik
Saat dolar naik seperti sekarang, sebenarnya masyarakat bisa memilih negara-negara di Asia Tenggara. Hal itu diungkapkan oleh Windy Ariestanty, seorang penulis perjalanan yang pernah melakukan perjalanan selama 35 hari dari Afrika Utara sampai Italia.

"Buat aku kayak Vietnam, Myanmar, Laos menarik. Buat orang mungkin jarang, padahal itu sebenarnya justru para penyuka perjalanan dari eropa dan amerika dia malah jalannya ke sana," kata Windy.

Sekarang, tambah Windy, terjadi pergeseran. Orang-orang yang hidup di Eropa dan Amerika, jusru traveling ke Asia, Indonesia salah satunya.

"Negara yang paling sering mereka kunjungi sekarang trennya Myanmar, dia baru membuka diri, rasa ingin tau besar, biaya hidup jauh lebih murah," tambahnya bersemangat.

Berikut beberapa negara yang cocok dikunjungi saat harga dolar tinggi, dari Marischka Prudence dan Windy Ariestanty:

Myanmar
Seperti yang sudah dijelaskan oleh Windy sebelumnya, negara yang masih dalam kawasan Asia Tenggara ini memiliki daya tarik yang cukup kuat. Mulai dari budaya hingga biaya hidup yang cukup murah.

Kamboja
Windy mengatakan, yang membuat Kamboja terkenal kan si simp rap dan Angkor wat nya karena memang dari dulu, sejarah peradaban.

Thailand
Menurut Marischka, ada banyak destinasi di Thailand yang cenderung murah. Harga makanan dan penginapan juga murah, cenderung sama dengan di Indonesia dan bahkan banyak yang lebih murah juga

Filipina
Negara kepulauan ini juga termasuk destinasi dengan budget kecil, sangat memungkinkan untuk backpacker.

"Ketika kamu masih menyukai petualangan, pengen lihat yang beragam, negara-negara ini yang bisa kita samperin. Cuman pola pikir kita kalau jalan-jalan harus ke negara barat, padahal enggak. Asia tenggara cocok banget buat dieksplor," kata Windy
 
Sedangkan menurut Marischka, ada 3 daerah di Indonesia yang bisa dipilih untuk destinasi jalan-jalan murah meriah:

Lombok
Bisa jadi alternatif karena masih lebih tenang dibandingkan Bali, penginapan juga banyak yang masih murah, menyenangkan untuk backpacking dan masih banyak pantai yang sepi.

Tanjung Puting, Kalimantan Tengah
Surprisingly wisata susur sungai dan melihat orangutan di habitat aslinya ini cukup low budget, harga tiket ke Pangkalan Bun (entry untuk masuk Tj Puting) mirip-mirip dengan harga tiket ke Bali atau Lombok, untuk sewa kapal juga bisa murah jika beramai-ramai.

Kiluan, Lampung
Ini jadi pilihan backpacker yang murah, dengan budget 600-700 ribu sudah all in, tidak perlu tiket pesawat karena dari Jakarta bisa menyeberang dari Merak, sisanya jalan beramai-ramai sewa mobil bisa menekan budget.




Sudah diterbitkan dalam portal Viva.co.id rubrik Travel, berikut link selengkapnya:
http://life.viva.co.id/news/read/674913-liburan-murah-saat-dolar--munggah-

You Might Also Like

0 komentar

Friends

Popular Posts

Part of