Pertemuan Tujuh Tahun Lalu

May 02, 2013

Banyak orang bilang, jatuh cinta pada pandangan pertama. Tapi saya, jatuh cinta pada pendengaran pertama. Itu yang saya alami 7 tahun yang lalu, sekitar 2006.


Telinga saya dipertemukan dengan lagu-lagu mereka oleh Ibu. Iya, Ibu saya yang bernama Sisilia Herjanti seorang guru Sekolah Dasar. Ia biasa mengajari muridnya menyanyikan lagu-lagu yang memang diperuntukkan anak-anak. 

Sampailah ia membeli kaset album MoccA yang jadi Original Soundtrack film Untuk Rena. Saya juga bingung, "kok ibu bisa nemu lagu kayak beginian. Ngga seperti seorang ibu pada umumnya". Kebiasaan Ibu kalo sedang sangat menyukai lagu, pasti diputer pagi siang sore malem. Apalagi Hari Minggu. Dan Ibu juga melakukannya pada lagu-lagu MoccA. Disitu saya mulai jatuh cinta.

Jujur, bahasa Inggris saya pabalatak. Dari mulai artikulasi, mengerti, dan paham. Di lagu-lagu MoccA saya belajar. Me And My BoyFriend lagu yang menurut saya paling susah. Ini lagu kok cepet amat. Bahasa Inggrisnya susah pula. Itu yang ada dalam benak saya. Tapi saya terus menyanyikan dengan nada seadanya. Hahahaha. Yang penting pengucapan dan artinya! :p

Saya mulai mencari tau tentang Band indie ini. Personilnya, ceritanya, lagu-lagunya. Sampai kelas 1 SMA, saya belum pernah nonton penampilan MoccA secara langsung. Penasarannya pake banget! Pada akhirnya mereka manggung di PVJ tahun 2007, lupa acara apa. Kayak peluncuran mobil atau semacamnya lah. "Ooh itu Toma, itu Indra, itu Riko, itu Arina" saya seperti sedang meng-absen. Saya tersenyum bahagia. Seperti menemukan kotak musik.

Hari-hari berikutnya, saya mencari setiap event yang diisi oleh MoccA. Dapat bocoran, mereka mengadakan Secret Show di Saung Angklung Udjo tahun 2008. Tanpa ragu, saya mendaftarkan diri bareng teman dekat saya Bayinun dan Tiffany beserta pacarnya saat itu. 

Saya baru tau kalo yang bikin acaranya adalah Swinging Friends, fans grup MoccA. Satu minggu setelah acara itu, saya dan Tiffany dengan nekatnya ke Jalan Sidomulyo, tempat kumpul mereka. Tentu setelah ngobrol-ngobrol sebelumnya. Di sana saya bertemu dengan A Agung, Teh Iwuth, Nia, Om Pram, Mimi, Echi, Faris. Mereka semua senior, hanya saya dan Tiffany yang masih SMA Hahahaha :p 

Pertemanan kami berlanjut hingga hari ini. Swinging Friends bertambah banyak! Sampai ada kontingen dari berbagai kota. Menyenangkan!

Sampai hari ini, saya selalu berusaha datang setiap mereka ngamen dari panggung ke panggung. Sunday Afternoon, Last Show, Radio Show, Konser Dear Friends, sampai acara-acara kampus yang ada MoccA-nya saya datengin! Trias Politica acaranya FISIP UNPAD, Beyond Imagination acara TRY OUT anak SMA yang diadain sama Telkom. Dan biasanya, saya jarang bayar kalo nonton, keseringan gratis :p kecuali sekarang-sekarang, karena Arina menetap di Amerika dan pulang ke Indonesia hanya sesekali. Kalo ada event, pasti bayarnya muahal. Gapapa sih, mumpung lagi pulang kan? :)

Sering dikasih tau sama temen "Ca, kamu bisa kali nonton gratis. Pake kartu pers. sambil liputan" tapi saya paling ngga mau nonton MoccA pake kartu pers dan sambil liputan. Saya hanya ingin menjadi penonton, menikmati musik dan penampilannya :)

Mocca itu guru bahasa inggris saya.
Mocca itu pelipur lara saya.
Mocca itu pengisi hari-hari saya.
Mocca itu, moodbooster saya.

Terimakasih sudah mengisi hari-hari dengan lagu kalian yang lebih dari istimewa. Semoga selalu riang, ceria dan penuh semangat. Saya tetap menjadi penggemar setia kalian, terutama Riko Prayitno :p muehehehe :')

You Might Also Like

0 komentar

Friends

Popular Posts

Part of