Sunday, January 6, 2013

#5 - Donor Darah, Yuk!

Ada yang takut sama jarum suntik? kalau begitu sama, akupun. Tapi jadi ketagihan semenjak dua tahun lalu. Bukan, bukan jarum suntik semacam "ngobat" ya. Ketagihan jarum suntik di sini maksudnya adalah donor darah. Agak aneh mungkin bagi sebagian orang ada yang senang sekali donor darah, dan bakal sedih kalau ternyata ngga bisa buat donor. Dan itu aku.

Donor darah rutin aku lakukan sejak dua tahun lalu. Awalnya penasaran, kayak apa sih rasanya ada bagian dari tubuh yang dikeluarkan terus diberikan untuk orang lain. Awalnya memang sakit, jarumnya sebesar isi pensil ukuran 0,7 kira-kira, entah lebih besar lagi. Malah nakutin ya? Hahahaha :p

Ada syarat buat ikutan donor darah, intinya sih sehat. Berat badan diatas 47kg, Hemoglobin minimal 12,5, jangan begadang, jangan banyak pikiran, jangan minum obat selama tiga hari dari waktu donor (koreksi ya kalau ada yang salah wehehehe).

Selama ini, aku ngga pernah ditolak buat donor darah. Badan gempal begini ya masa ngga bisa donor? Ngga sehat dong? Itu yang ada dipikiranku. Hahahah agak sombong sih. Tapi, sejak beberapa minggu lalu, aku ditolak sama petugas PMI. "HB-nya kurang. Minimal 12,5 ya. Kamu masih 12,3" Kata mbak-mbaknya. Raut wajah agak kaget, baru kali ini nggak bisa donor gara-gara HB-nya kurang. "Hahahaha berat 48kg tapi ngga sehat. Mending mana 55kg tapi sehat terus bisa donor?" Anak itu ngomporin, biasalah.

Daaaaan sampai sekarang. Malah makin turun jadi 11,7. Sedih banget deh asli. Katanya aku kurang vitamin B12. Kecapekan, kurang tidur, kurang makan sayuran. Sampai-sampai dibeliin multivitamin sama Bapak tercinta. 10 hari lagi, mau coba donor, siapa tau udah normal lagi! Hihihi

Buat yang takut sama jarum suntik, beranikan diri buat donor yuk! Bikin sehat, loh! Coba aja, toh buat kemanusiaan juga. :) Oiya, jangan khawatir takut pingsan, abis donor dapet penggantinya kok. Makanan :p

No comments:

Post a Comment