Air

October 23, 2011

Tadi siang hujan besar didaerah rumahku, Sarijadi. Entah sama atau tidak dengan daerah lain di kota Bandung. kalo hujan, jadi inget jalan Surya Sumatri yang baru mengalami pelebaran. Pelebaran jalan dilakukan mungkin untuk mengurangi kemacetan yang selalu terjadi terutama pada jam sibuk. Tapi, aku melihat satu kesalahan yang bisa dibilang fatal, sangat fatal. Jika kalian sering melewati jalan tersebut, coba perhatikan, adakah saluran yang berfungsi mengaliri air dari jalan menuju selokan? Aku yang tiap hari melewatinya, ngga menemukan itu.

Kenapa aku bilang fatal? Jelas dong, kalo ujan apa kabar dengan jalan yang dipinggirnya penuh oleh pedagang kaki lima, toko, kedai makan dan salah satu kampus itu? terutama jika hujan besar. Hiiiihh.. Bisa dipastikan akan jadi sungai. Air yang seharusnya masuk ke selokan malah mengalir indah di tengah jalan. Selain merusak aspal, keindahan jalan, itu juga membahayakan pejalan kaki dan kendaraan bermotor. Menyeramkan :|

Selain jalan Surya Sumatri, ada juga jalan yang mengalami masalah serupa. Gegerkalong. bedanya, di Gerlong, jalan yang jelek ditinggikan, dibeton gitu. Tiap lewat kesana, aku tertawa miris. Mereka (yang meninggikan jalan) kira-kira satu pikiran ngga sama aku? Jalan ditinggikan emang jadi solusi buat jalan yang rusak, tapi gimana jika musim hujan datang? Lagi-lagi aku ngga nemu saluran air disana. Nih ya, jalan ditinggikan, terus posisi rumah warga ada dibawah, mau ngga mau air pasti ngalir kesana kan? Ckckck.

Aku emang bukan anak sipil yang tau sistematika dalam pembuatan jalan, gorong-gorong hal semacamnya, ini cuman pandangan dan rasa kasihan terhadap air :( akses menuju tempat dia tinggal ditutup, mau ngga mau dia harus lewat ke tempat yang bukan semestinya. Jadi dia harus lewat mana? Bisa diibaratkan seperti anak yang baru bubaran sekolah, gerbangnya ditutup lalu mereka mencari jalan lain untuk pulang dan itu bakal 'paciweuh'.

Pasti masalah saluran air ngga hanya di kedua jalan yang aku sebutkan tadi, banyak didaerah lain masih termasuk dalam kota Bandung yang mengalami hal sama. Aku harap, ini bisa dibenahi. Untuk apa jalan mulus tanpa bolong tapi kalo hujan sedikit saja jadi kubangan? Kasihan air, ngga dikasih akses untuk menuju tempat yang semestinya :(

You Might Also Like

0 komentar

Teman-teman

Popular Posts

Part of